Macam-Macam Shalat Sunnah Berjamaah

17.35
Sahabat admin yang berbahagia, Shalat terdiri atas shalat wajib dan shalat sunnah. Shalat sunnah disebut juga dengan shalat tatawu’. Shalat sunnah berfungsi untuk menambah atau menutupi kekurangan-kekurangan ibadah shalat wajib. Shalat sunnah ada yang dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah dan munfarid, tetapi disini saya sedikit membahas masalah tentang shalat sunnah berjamaah.

Shalat Idain

Idain artinya dua hari raya. Shalat sunnah idain artinya shalat sunnah yang dikerjakan pada waktu dua hari raya yaitu hari raya Idul Fitr dan Idul Adha. Shalat Idul Fitri dilaksanakan pada tanggal 1 Syawwal setelah umat Islam selesai melaksanakan ibadah puasa ramadhan. Adapun shalat Idul Adha dilaksanakan pada tanggal 10 Zhulhijjah. Waktu pelaksanaan shalat idain adalah sesudah terbit matahari sampai menjelang zuhur. Pelaksanaan shalat Idul Fitri lebih utama apabila dilaksanakan lebih siang.

Shalat Tarawih

Shalat tarawih termasuk salah satu shalat lail, yakni shalat yang dikerjakan pada tiap malam sehabis shalat Isya sampai terbit fajar pada bulan Ramadan. Hukum shalat tarawih adalah sunah muakad yang dapat dikerjakan sendiri-sendiri atau berjamaah di rumah atau di masjid.

Shalat Witir

Shalat Witir artinya shalat yang ganjil yang dapat dikerjakan satu rakaat, tiga rakaat, lima rakaat, dan seterusnya. Shalat witir sedikitdikitnya dikerjakan satu rakaat dan sebanyak-banyaknya dikerjakan sebelas rakaat. Shalat witir dikerjakan setelah shalat Isya, shalat Tarawih, atau shalat Tahajud. Shalat ini boleh dikerjakan dua rakaat dua rakaat salam dan yang terakhir satu rakaat salam atau tiga rakaat salam.

Shalat Istisqo’

Shalat sunnah Istisqo’ artinya shalat sunnah dua rakaat untuk minta diturunkan hujan. Hukumnya sunnah muakad dan dilaksanakan berjamaah.

Shalat Kusuf (Gerhana Matahari) dan Shalat Khusuf (Gerhana Bulan)

Hukum shalat kusufain (gerhana bulan dan matahari) sunnah muakad,

Itulah Macam-Macam Shalat Sunnah Berjamaah, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…

Artikel Terkait

Previous
Next Post »