Manfaat / Fungsi Iman Kepada Kitab Allah Swt

05.05
Sahabat admin yang di karuniai Allah, kita harus berusaha menghayati kehadiran kitab Allah Swt. dalam hidup kita, terutama kitab Al-Qur’an. Penghayatan yang benar akan membawa kita pada penerimaan yang penuh terhadap isi Al-Qur’an. Dengan demikian, kita dapat dengan mudah mencerna dan melaksanakan isi Al-Qur’an. luangkanlah waktu kita untuk membaca dan mempelajari Al-Qur’an.

Iman kepada kitab Allah Swt. adalah keyakinan yang teguh terhadap kitab Allah Swt. Sedemikian rupa sehingga mampu menggerakkan kita untuk mengambil pelajaran dari kitab tersebut. Terhadap kitab yang datang sebelum Al-Qur’an kita cukup meyakininya saja tanpa ada kewajiban untuk melaksanakan ajarannya. Adapun terhadap Al-Qur’an kita diwajibkan untuk meyakininya, mempelajari, serta mengamalkan kandungan Al-Qur’an.

Kitab Taurat diberikan kepada Nabi Musa a.s. sebagai petunjuk bagi Bani Israel. Kitab Zabur diberikan kepada Nabi Daud a.s. dan kitab Injil diberikan kepada Nabi Isa a.s. Adapun kitab Al-Qur’an diberikan kepada Rasulullah Muhammad saw. sebagai pedoman kehidupan umatnya, Mencintai Al-Qur’an tidaklah cukup dengan lisan semata melainkan juga memerlukan perbuatan nyata yaitu mempelajari dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an.

Semakin banyak kita belajar semakin banyak pula bekal kita untuk pedoman atau jalan hidup di dunia ini. Tidak berhenti sekadar membaca dan mempelajari, laksanakanlah hukum-hukum Allah Swt. yang kita temukan dalam Al-Qur’an. Dengan melaksanakan aturan Allah Swt., hidup kita akan berjalan lebih teratur dan terarah menuju rida-Nya. Amin.

Itulah Manfaat / Fungsi Iman Kepada Kitab Allah Swt, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…

Artikel Terkait

Previous
Next Post »